BERITA UTAMA

Anggota DPR RI Dorong Perlindungan Hak Intelektual di Papua Barat
Jumat, 27 Maret 2020 • (*JK) • 98

Jimmy Demianus Ijie


MANOKWARI-Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Jimmy Demianus Ijie secara pribadi mendorong dan meminta pemerintah daerah baik provinsi maupun Kabupaten di Papua Barat agar melindungi hak intelektual di Papua Barat sebelum diklaim pihak lain yang tidak bertanggungjawab. Hal ini diungkapkan anggota Komisi V DPR RI ini di sela-sela kegiatan Rakerda I DPD PDI Perjuangan Papua Barat di Swissbell hotel Selasa (17/3) lalu.

 

Ia kemudian mencontohkan seni kerajinan ukir khas Papua yang dikembangkan Bapak Elly Krey di Manokwari yang sampai saat ini belum dipatenkan sebagai hak intelektual pengrajin khas di Manokwari. “Contoh paling nyata adalah kerajinan ukur bapak Krey dengan motif-motif khusus khas Papua yang diciptakan sendiri. Hak intelektual itu harus dilindungi sehingga tidak diklaim pihak lain sebagai penciptanaya,” ujar Jimmy.

 

Jimmy juga menyebutkan contoh lain dari apa yang telah dilakukan Ketua PKK Kabupaten Manokwari Selatan yaitu Ibu Markus Waran yang mengembangkan batik khusus Arfak dengan motif-motif khasnya. “Apa yang dilakukan ibu Bupati Mansel dengan batik khas suku Arfak di Kabupaten Manokwari Selatan harus terus didukung. Hanya motif-motif batik itu perlu dipatenkan agar memiliki hak cipta,” ungkap Jimmy sambil menambahkan contoh lain hak intelektual yang harus dilindungi adalah buah merah. “Di Papua Barat orang dapat mengembangkan batik khusus khas Papua Barat misalya dengan motif kupu-kupu,” ungkap mantan Ketua DPR Papua Barat ini. (JK)


#politik
#oap
#orang asli papua
#jimmy demianus ijie
#hak intelektual

Komentar