BERITA UTAMA

Ke Papua Barat - Datangi 6 Lokasi Wisata Ini
Rabu, 09 Oktober 2019 • (*tim) • 5299

Salah satu destinasi wisata di Raja Ampat


Keelokan Tanah Papua, sudah tak bisa diragukan lagi. Pesona alam termasuk flora dan fauna di pulau ini bak magnet yang selalu menarik untuk dilihat dan dikunjungi.

 

Menyebut Raja Ampat, bayangan pembaca pasti akan langsung tertuju ke sebuah pulau nan cantik di Papua Barat.

 

Pulau ini begitu tersohor hingga ke mancanegara. Maka tak heran, meski berbiaya mahal, kunjungan wisata ke sana setiap tahunnya selalu meningkat. Tapi Papua Barat bukan hanya Raja Ampat.

 

Banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi mereka yang hobi berpetualang. Dikutip dari sejumlah situs wisata, Tabloid Kasuari Pos, mencoba merangkum beberapa tempat wisata yang bisa jadi pilihan untuk berlibur.

 

1.    Raja Ampat

Situs jual beli tiket online, Traveloka mencatat jika Kepulauan Raja Ampat menjadi satu di antara sekian tempat yang harus dikunjungi saat berlibur.

 

Konon, tempat wisata ini merupakan lokasi penyelaman bawah laut terbaik di dunia karena keberagaman fauna dan flora bawah air yang dimilikinya. Menurut peneliti, 75% dari total terumbu karang di seluruh dunia terdapat di Raja Ampat.

 

Tidak heran kalau banyak pelancong asing yang tergila-gila dengan keindahan wisata Raja Ampat.  

 

Situs wisata, twisata.com juga merekomendasikan Raja Ampat sebagai obyek wisata yang harus dikunjungi. Disana, wisatawan bisa melakukan sejumlah kegiatan di antaranya, bermain kayak, menyelam, menjelajahi pulau dengan perahu atau kegiatan yang tentunya memberi pengalaman tidak terlupakan.

 

2.        Desa Sawinggrai

Destinasi ini masih berada di Kabupaten Raja Ampat. Desa ini menjadi terkenal karena pengunjung yang datang bisa melihat secara langsung kehidupan burung cenderawasih di alam bebas. Kawasan ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang tidak kalah dengan tempat lainnya di Raja Ampat.

 

3.       Situs Purbakala Tapurarang

Dikutip dari azwisata.com, situs yang berada di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak ini merupakan peninggalan pra sejarah. Lukisan berwujud telapak tangan manusia dan binatang tersebut berada di sebuah tebing terjal.

 

Gambar-gambar yang diperkirakan sudah berumur ratusan tahun itu dibuat dengan bahan-bahan pewarna alami. Sehingga masih bisa dilihat hingga kini. Karena warnanya menyerupai darah manusia, masyarakat setempat menyebutkan cap tangan darah.

 

4.       Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Terletak di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, destinasi wisata ini cocok jadi rekomendasi pecinta dunia bawah laut.

 

Salah satu taman terluas di Indonesia ini menyimpan beragam flora dan fauna nan cantik. Namun salah satu yang menjadi favorit adalah keberadaan hiu paus. Jika beruntung, wisatawan bisa berenang bersama ikan hiu paus langsung di habitatnya.

 

5.       Pegunungan Arfak

Banyak yang belum mengetahui jika Kabupaten Pegunungan Arfak, juga menyimpan sejuta pesona. Dikutip dari travel.kompas.com, di daerah ini banyak sekali spot wisata yang layak untuk didatangi.

 

Diawali dengan saat menyusuri jalanan menuju ke Kabupaten Pegunungan Arfak.

 

Pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang cantik. Di daerah ini juga hidup spesies burung pintar (vogelkop bowerbird ) yang sanggup menata rumahnya dengan mengelompokkan benda-benda di dalam hutan  berdasarkan warnanya.

 

Sampai di puncak, pengunjung juga bisa melihat keberadaan sepasang danau laki-laki dan danau perempuan. Oleh masyarakat setempat lokasi ini diberi nama Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida.

 

6.       Pulau Mansinam

Wisata ke Papua Barat, terasa tak lengkap sebelum mengunjungi Kota Bersejarah, Manokwari.

 

Di Manokwari pengunjung bisa datang ke Pulau Mansinam. Dalam sejarah masuknya Agama Kristen ke Papua, pulau ini menjadi tempat pertama kali dua penginjil Ottow dan Geisler memulai  perjalanannya menyebarkan Agama Kristen di Tanah Papua. Di Pulau ini juga akan dijumpai beberapa peninggalan lainnya.

 

Itulah beberapa obyek wisata yang ada di Provinsi Papua Barat dan bisa dikunjungi. Jadi, apakah pembaca sudah memilih lokasi yang akan dikunjungi pada liburan mendatang? (*tim)


#pariwisata
#wisata

Komentar