BERITA UTAMA

Bupati Waran Pimpin Rapat Evaluasi Pergeseran APBD Tahun 2021
Kamis, 17 Juni 2021 • (Cr-3) • 125

Bupati Markus Waran saat memimpin rapat evaluasi Refocusing APBD Mansel TA 2021


RANSIKI, Kasuarinews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari Selatan pada Rabu (16/6/2021) menggelar rapat untuk mengevaluasi pergeseran APBD Kabupaten Manokwari Selatan Tahun 2021. Rapat evaluasi ini dipimpin langsung Bupati Mansel Markus Waran, ST, M.Si di ruang rapat kantor Bupati dan dihadiri pimpinan OPD, kepala bidang dan kepala distrik.

Dalam arahannya, Bupati Waran mengatakan, pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini punya dampak yang sangat luar biasa bagi sendiri kehidupan umat manusia, terutama dari sisi ekonomi bagi secara global, nasional hingga ke lokal.

“Situasi krisis ini harus disadari benar oleh kita semua termasuk di Mansel,  baik bupati, wakil, sekda, kepala OPD, kepala distrik, kepala. Kita semua harus sadar bahwa situasi saat ini sulit dan tidak main-main sehingga harus punya kasadaran bersama bahwa kita sedang ada pada situasi sulit, situasi berat akibat pandemi Covid-19. Jika kita sudah sadar akan situasi ini maka kita juga akan bersatu untuk berjuang bersama-sama  untuk mengatasi situasi yang berat ini. Ini bukan situasi normal,” ujar bupati.

Dengan situasi ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covis-19 dirasakan dari pusat hingga daerah, kata bupati Waran, pemerintah pusat membuat kebijakan agar dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah provinsi, serta kabupaten/kota untuk menyelamatkan ekonomi dan menjaga agar pertumbuhan ekonomi tetap positif melalui kerangka reforcusing anggaran untuk penangganan Covid-19.

Di sisi lain, kata Bupati adanya sistem baru yaitu  transisi dari SIMDA ke SIPD, juga mempengaruhi kinerja. “Nah, kita hari ini gelar pertemuan untuk melakukan evaluasi, memperbaiki, mencari solusi dan jalan terbaik untuk pelayanan publik dalam pelayanan roda pemerintah di Manokwari Selatan tetap berjalan normal,” ujar Bupati.

Pada kesempatan  ini, Bupati Waran  meminta Badan Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah mempresentasikan sejumlah pergesaran anggaran yang dilakukan beberapa bulan terakhir sesuai dengan instruksi yang telah diberikan. “Presentasi dari Badan Keuangan akan kita lihat bersama-sama agar disepakati kemudian dapat  langsung ditindaklanjuti dengan peraturan bupati, sehingga sudah bisa dilakukan aktivitas kegiatan terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan, karena sisa waktu tinggal enam bulan lagi,” kata Bupati. 

 


#papua barat

Komentar