BERITA UTAMA

Batik Hasil Karya Ketua Tim Penggerak PKK Mansel, Sri Lestari Waran akan Didaftarkan ke Kemenkumham
Minggu, 16 Mei 2021 • (Cr-3) • 144


RANSIKI, Kasuarinews.com – Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Manokwari Selatan, Ny. Sri Lestari Waran saat pertemuan di ruang rapat Bupati Mansel, awal Mei lalu menegaskan bahwa dalam waktu dekat akan mendaftarkan koleksi batik hasil karyanya ke Kantor Wilayah Kemenkumham, Provinsi Papua Barat. Hal itu diungkapkan Ny. Sri Lestari Waran saat pertemuan bersama Kakanwil Kemenkumham Papua Barat dengan Pemda Mansel.

Kata Ny. Sri Lestari Waran, ada sebanyak 40 batik hasil karyanya akan didaftarkan. “Kita akan daftarkan 40 batik khas Mansel dimana sebanyak  36 merupakan karya pribadi saya dan 4 batik lainnya hasil karya salah seorang warga masyarakat Arfak di Mansel yang sudah dibeli. Pendaftaran di Kanwil Kemenkumham merupakan upaya untuk melindungi karya intelektual masyarakat Mansel sehingga dapat diakui dan dilindungi,” ujar Ny. Sri Lestari Waran.

Sementara itu, Bupati Mansel Markus Waran, ST, M.Si mengapresiasi kehadiran Kakanwil Kemenkumham  Provinsi Papua Barat di Kabupaten Manokwari Selatan yang dapat memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang pentingnya hak intelektual setiap warga masyarakat yang harus dilindungi.

Yulius Manurung, Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Papua Barat mengatakan jika 40 batik hasil karya Ketua Tim Pengegrak PKK Mansel telah didaftarkan dan dicatatkan maka akan diberikan surat tanda pencatatan dari Menteri Hukum dan HAM sebagai tanda perlindungan hak cipta. “Jika sudah didaftarkan maka akan dicatat untuk mendapat perlindungan hak cipta sebagai hak intelektual sehingga sudah tidak dapat diklaim oleh pihak lainnnya sebagai hasil karyanya kelak,” tandas Manurung yang juga berharap agar hasil karya warga masyarakat lainnya dapat didaftarkan sehingga dicatat dan mendapat perlindungan hak cipta. 

 


#papua barat

Komentar