BERITA UTAMA

LP3BH Minta Bupati Manokwari Prioritaskan OAP Jabat Sekda Manokwari
Kamis, 13 Mei 2021 • (Cr-3) • 123

Yan Ch. Warinussy, SH


MANOKWARI, Kasuarinews.com - Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Ch. Warinussy, SH lewat pres rilsinya, Kamis (13/5/2021) meminta perhatian Bupati Manokwari sebagai Kepala Daerah dapat memberi prioritas jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manokwari bagi calon yang berasal dari Orang Asli Papua (OAP). 

Kata Warinussy, dari hasil seleksi yang sudah diumumkan oleh Panitia Seleksi yang diketuai Mantan Sekda Kabupaten Manokwari Drs.F.M.Laelonoh sudah disampaikan ada 4 (empat) namaa, yaitu Drg.Henry Sembiring, DR.Jonadab Sraun, S.Hut, SH, M.Si; Kukuh Sapto Yudo, SP, M.Si dan Drs.Jaka Mulyanta. 

Menurut Warinussy,  Bupati Manokwari dapat bersandar pada amanat pasal 62 ayat (2) UU RI No.21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua untuk memilih calon yang merupakan Putra Asli Papua. Amanat pasal tersebut selengkapnya berbunyi : "Orang Asli Papua berhak memperoleh kesempatan dan diutamakan untuk mendapatkan pekerjaan dalam semua bidang pekerjaan di wilayah Provinsi Papua berdasarkan pendidikan dan keahlian". Hal ini sah berlaku di wilayah Provinsi Papua Barat, termasuk Manokwari berdasarkan UU RI No.35 Tahun 2008 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang No.1 Tahun 2008 Tentang Perubahan UU No.21 Tahun 2001 Tentang Otsus Bagi Provinsi Papua Menjadi Undang Undang. 

“Juga berdasarkan fakta bahwa sejak jabatan Sekda Kabupaten Manokwari tearkhir diduduki oleh almarhum Steven Rumfabe, SH, M.Si hingga saat ini, jabatan Sekda Kabupaten Manokwari belum pernah dijabat oleh anak asli Papua yang memenuhi syarat dari sisi penilaian mengenai pangkat, jabatan dan kualitasnya. Sehingga saya memandang bahwa kini saatnya jabatan Sekda Kabupaten Manokwari sudah dapat kembali diduduki oleh Pejabat Anak Asli Papua,” tandas Warinussy.

 

 


#papua barat

Komentar