BERITA UTAMA

Dana Pembangunan Infrastruktur Papua Barat Yang Fantastis Harus Mampu Memberdayakan OAP
Sabtu, 10 April 2021 • (Cr-3) • 122

Yoris Kofiaga


SORONG, Kasuarinews.com - Pada Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Pusat menggelonorkan anggaran yang cukup besar yaitu 3, 67 Trilyun bagi pembangunan infrastruktur di Papua Barat melalui Kementerian PUPR. Tujuannya untuk mengurangi angka kemiskinan di Papua Barat dan juga Papua.

Hal tersebut ditanggapi positif oleh salah seorang Tokoh Pemuda Papua Barat Yoris Kofiaga. Namun menurut Yoris, dana yang cukup fantasis itu tidak ada artinya jika hal itu tidak dapat melibatkan dan memberdayakan Orang Asli Papua (OAP).

"Menteri PUPR pada salah satu media mengatakan dana infrastruktur yang besar itu bertujan untuk mengurangi angka kemiskinan bagi masyarakat. Pertanyaannya, masyarakat mana yang dimaksudkan? Masyarakat asli Papua atau masyarakat Nusantara di Papua?" tanya Yoris.

Untuk itu, kata Yoris, OAP juga harus dilibatkan dan diberdayakan untuk ikut mengambil bagian dalam pengelolaan dana infrastruktur tersebut. Artinya, OAP dalam hal ini pengusaha-pengusaha asli Papua harus ikut dilibatkan dalam aneka proyek pembangunan infrastruktur tersebut sehingga para pengusaha OAP terus diberdayakan. Saat ini banyak sekali penguasa OAP punya kemampuan dan skill yang mumpuni," ujar Yoris, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengakui, sejak dulu Presiden ganti Presiden sampai saat ini, Pemerintah Pusat menggelontorkan dana sangat fantastis bagi pembangunan di Papua namun hal itu tetap saja tidak mampu menuntaskan kemiskinan di tanah Papua termasuk Papua Barat.

Hal itu terjadi kata Yoris karena OAP tidak dilibatkan secara penuh dengan pelbagi program pembangunan, termasuk program pembangunan infrastruktur. Lanjut Yoris, hal itu menyebabkan, OAP hanya menjadi penonton dari aneka proyek pembangunan di Papua Barat dan Papua. "Banyak pengalaman yang menunjukan proyek- proyek besar hanya dikerjakan oleh pengusaha dari luar. Sedangkan OAP hanya jadi buruh kasar, petugas keamanan dan sebagainya. Jangan terjadi lagi seperti itu ke depannya. OAP harus dilibatkan untuk ikut mengelola dana yang dikucurkan pemerintah pusat lewat dana pembangunan infrastruktur sebagai salah satu contohnya," ujar Yoris.  


#papua barat

Komentar