BERITA UTAMA

Pelaporan Validasi Data Cakupan Imunisasi Rutin dan Vakinsasi Covid-19 dari Daerah Terkendala Akses Jaringan Internet
Sabtu, 10 April 2021 • (AN) • 55

Peserta Rakor Pelaporan Validasi Data Cakupan Imunisasi Rutin dan Vakinsasi Covid-19 Papua Barat


MANOKWARI, Kasuarinews.com - Hendrik Mansawan, Pengelola Program Imunisasi Covid- 19 Papua Barat mengatakan bahwa dalam rapat Konsolidasi Validasi Data Kovid 19 di Papua Barat terungkap bahwa pelaporan validasi data Covid-19 daerah-daerah di Papua Barat yang dilakukan secara online tidak berjalan maksimal karena terkendala sistem jaringan internat.

“Ada banyak keluhan dari relawan di daerah soal pelaporan validasi data Covid-19 karena akses internet yang terbatas. Banyak kampung dan distrik tidak ada jaringan internetnya,” ujar Mansawan saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Validasi Data Cakupan Imunisasi Rutin dan Vakinsasi Covid-19 di sebuah hotel di Manokwari, Jumat (9/4/2021).

Kata dia, validasi ini adalah cakupan data imunisasi rentan dan vaksinasi Covid-19 yang berfokus pada vaksinasi yang telah dicanangkan pada Januari 2021 .

“Kita perlu melakukan monitoring cakupan vaksinasi imunisasi Covid-19, mengecek data program apa yang sudah divaksinnasi, berapa vaksin yang sudah terpakai. Untuk itu, kami butuh validasi data yang ada di Provinsi sehingga data Covid 19 dapat terakses seluyruhnya. Hal ini serba sulit karena tidak semua Pukesmas di Papua Barat punya jaringan internet. Justru banyak yang belum ,” urainya.

 “Monitoring kali ini adalah bagaimana kita ajarkan teman-teman agar bisa membuat pelaporan untuk dilaporkan ke dalam sistem data,” ujarnya lebih lanjut sambil menambhakan mesti ada pelaporan dan validasi data yang jelas sesuai dengan 4 tahapan atau sasaran vakisnasi yaitu bagi tenaga medis,, pelayan publik, , lansia, TNI/Polri, guru, para pedagang da lainnya. 

 


#papua barat

Komentar