BERITA UTAMA

Gubernur Dominggus Resmi Canangkan Gerakan Vaksinasi Covid-19 di Papua Barat
Kamis, 14 Januari 2021 • (Cr-3) • 128

Gubernur Dominggus memberi sambutan pada pencanangan vaksinasi Covid-19


MANOKWARI,Kasuarinews.com – Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs.  Dominggus Mandacan pada Kamis (14/1/2021) di RSUD Papua Barat secara resmi melakukan pencanangan gerakan vaksinasi Covid-19 Provinsi Papua Barat dan kabupaten/ kota. Kegiatan ini dihadiri oleh Pangdam XVII/Kasuari, Wakapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Wakajati Papua Barat, Kadis Kesehatan Papua Barat, Plt. Bupati Manokwari Drs. Edy Budoyo, tokoh agama, tokoh adat.

Gubernur Dominggus dalam sambutannya mengatakan bahwa peningkatan kasus Covid-19 menunjukan bahwa pencegahan  Covid-19 dengan protokol kesehatan yaitu gerakan 3M belumlah cukup  untuk mengendalikan penularan Covid-19. 

Untuk itu kata Gubernur, perlu dilakukan intervensi lain yang efektif  melalui upaya pemberian vaksinasi untuk kesembuhan. “Saya selaku Gubernur memberikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan atas dedikasinya dalam penanganan  kasus Covid-19. Dan kita perlu  bersyukur karena presentase angka kesembuhan di Papua Barat cukup tinggi yaitu 91 persen,” tandas Gubernur.

Lanjut gubernur, vaksin Sinovac Covid-19 termin pertama yang diterima Papua Barat sebanyak 7.160 dosis yang diperuntukkan  bagi 3.387 tenaga kesehatan di Kabupaten Manokwari,  Kota Sorong,  dan Kabupaten Manokwari Selatan.  Dan 10 kabupaten akan menyusul untuk termin tahap kedua. Menurut gubernur, pada termin kedua nanti kembali akan didrop  10.720 dosis  vaksin untuk 10 kabupaten lainnya. “Harus diketahui bahwa tenaga kesehatan merupakan garda terdepan  dalam penanganan pandemic Covid-19,  sekaligus sebagai populasi paling beresiko tertular sehingga  harus menjadi prioritas  pertama dan perlindungan melalui vaksinasi ini, ” ujar guerbnur.

Ia meminta kepada tenaga kesehatan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan  sebaik-baiknya. Momen ini diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat akan keamanan dan kehalalan vaksin Covid-19.

 

Pada kesempatan ini, Gubernur Dominggus menyampaikan terima kasih kepada 15 tokoh yang terdiri dari unsur Forkopimda,  kepala OPD,  perwakilan agama  dan juga perwakilan masyarakat yang bersedia menjadi orang pertama penerima suntikan vaksin Covid-19 di Papua Barat dan dapat menjadi contoh bagi warga masyarakat lainnya untuk nantinya ikut dalam gerakan tersebut juga.

Dan 15 orang yang menerima  vaksin yaitu Panglima Kodam XVIII/Kasuari I Nyoman Cantiasa, Wakil Kejaksaan Tinggi Papua Barat  Witono, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan, Kepala Kesbangpol Papua Barat Baesara Wael, Kakesdam XVIII Kasuari Kol. Ckm. Dr Agus Ridho Utama, Direktur Binmas Polda Papua Barat Bagiyo Hadi Kurniyanto, serta Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi Papua Barat, dr Arnold Tiniap, dan Sekretaris PRB Napoleon Fakdawer.

Selain itu juga, Ketua Dewan Adat Papua Wilayah Domberay Zakarias Horota, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat Richard Fritz Dacosta, Perwakilan Kantor Pos Dedy Metroy, Perwakilan FKUB Agama Katolik James Rahakbauw, FKUB Agama Hindu Pande Nyoman Puraka dan Perwakilan FKUB Agama Budha yakni Nurdep.

Gubernur Dominggus sendiri tidak bisa menerima suntikan vaksin tahap pertama karena usianya sudah di atas 60 tahun. “Menurut petunjuk yang perlu divaksinasi adalah yang berusia 18-59 tahun. Saya sudah 60 tahun jadi belum bisa. Mungkin nanti pada tahap kedua,” ujar Gubernur.

 


#papua barat

Komentar