BERITA UTAMA

Hasil Seni Ukir Eli Krey Tembus Pasar Mancanegara
Kamis, 13 Agustus 2020 • (AN) • 219

Ely Krey, Seniman Ukir asal Papua Barat


MANOKWARI, Kasuarinews.com – Sederhana, selalu  ceria dan bersahaja terhadap semua orang yang dijumpai. Itulah ciri khas pria jangkung asal Kampung Yembepyoper,  Biak Barat, Eli Krey  yang merupakan seniman ukir di Manokwari, Papua Barat. Di balik kesederhanaannya, pria jangkung ini menyimpan segudang ilmu seni mengukir yang sejak 18 tahun lalu ditekuninya di kampung halamannya Yembepyoper. "Ukiran saya ini sangat sederhana. Misalnya, ukir patung manusia, binatang, ikan, ular, burung juga ukiran dinding di Papan pintu rumah. Meski amat sederhana, namun hasil ukiran kayu ini sudah menembus mancanegara,” ujar Ely Krey, Kamis (13/8/2020) saat ditemui di bengkelnya yang terletak di Kotaraja, Manokwari.

Ia mengakui, selain diminati hingga mancanegara, hasil ukirannya juga dimintai di pelbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, NTT dan Medan, serta di sejumlah daerah di Papua seperti Sorong, Jayapura, Biak, Timika, Merauke, Wamena, Nabire dan tempat lainnya. “Soal harga, sangat disesuaikan dengan tingkat kesulitan. Jika hasil ukiran semakin detail dan sulit maka  harganya juga makin tinggi dengan besarannya,” ungkap Ely Krey sambil menambahkan bahwa banyak kali ia menuangkan idenya pada medium yang oleh banyak orang sudah dianggap sampah dan tidak digunakan.

“Banyak kali kan orang buang kayu begitu saja atau jika kayu ditebang, akarnya dibuang. Namun bagi kami sebagai seniman, hal itu dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi  tinggi,” ungkapnya sambil menambahkan dirinya sampai saat ini masih mencita-citakan agar ada generasi muda Papua Barat yang dapat menekuni seni ukir.

Ely Krey mengakui, di sela-sela kegiatannya, ia masih menyempatkan waktu untuk membina sejumlah kaum muda Papua agar dapat menekuni dunia seni ukir. “Kita di Papua sangat kaya. Saya ingin generasi muda Papua jangan selalu pikir mau jadi PNS tetapi dapat menekuni bidang lainnya yaitu seni ukir karena nilai ekonomisnya juga sangat tinggi. Ini yang belum disadari oleh banyak generasi muda Papua,” ujarnya.  

 


#papua barat

Komentar