BERITA UTAMA

Menjelajahi Cagar Alam nan Indah di Teluk Bintuni
Senin, 15 Juni 2020 • (Rahmi/cr-3) • 88

Kawasan Hutan Mangrove di Bintuni yang menyajikan air yang sangat jernih dan biru.


BINTUNI, Kasuarinews.com- Negara Indonesia memiliki banyak cagar alam yang kerap dijadikan objek wisata dan juga daerah konservasi. Salah satunya yaitu cagar alam di Papua Barat ini.

 

Salah satu Cagar Alam yang perlu traveler ketahui adalah Cagar Alam yang terletak di Teluk Bintuni, sebuah Kabupaten di Papua Barat dengan luas mencapai 20.840 km2. Cagar Alam yang dimaksudkan merupakan Mangrove atau Hutan Bakau dengan luas 200 hektar. Demikian dilansir dari detik.com.

 

Hutan Mangrove ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia setelah Raja Ampat dan mencakup 10% dari luas Hutan Mangrove di Indonesia. Daerah Hutan Mangrove ini juga merupakan Kawasan Konservasi karena memiliki Rumpun Mangrove yang baik, juga sebagai areal penting untuk menyangga kegiatan Perikanan dan Industri Udang.

Untuk bisa sampai di kawasan Cagar Alam ini, traveler dapat menempuh perjalanan dari Ibukota Provinsi Papua Barat (Manokwari) menggunakan mobil dengan waktu tempuh 7-9 jam. Kemudian dari Sorong menggunakan pesawat udara jenis Twin-Otter selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

 

Selanjutnya, dari Kota Bintuni menuju Kawasan CATB dapat diakses dengan 2 cara yaitu menggunakan mobil maupun motor ke batas utara kawasan dengan waktu tempuh kurang lebih 5-10 menit. Bisa juga menggunakan perahu motor (longboat) menyusuri sungai Stenkool/Wasian ke batas barat kawasan dengan waktu tempuh kurang lebih 30-45 menit.

 

Setelah sampai di kawasan CATB, traveler bisa menyusuri Hutan Mangrove dari atas perahu kecil yang disediakan warga, jajaran Mangrove yang tersusun rapi akan memanjakan mata traveler.

 

Selain itu, ada kawasan Hutan Mangrove yang menyajikan air yang sangat jernih dan biru, sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Hal lainnya yang bisa traveler lakukan di sini adalah merasakan menanam pohon bibit Mangrove, bercengkrama dan melihat kehidupan masyarakat sekitar dan sekaligus membantu merawat Surga Hutan Mangrove ini.

 


#pemerintahan

Komentar